Platform Merdeka Mengajar (PMM)

 

Sebuah Tinjauan Positif dan Negatif dari Perspektif Guru Tentang Platform Merdeka Mengajar


Positif:

Kemudahan Akses Pendidikan:

Platform Merdeka Mengajar memberikan guru akses yang lebih luas untuk berbagi pengetahuan dan keterampilan mereka. Dengan menyediakan platform daring, guru dapat mengajar dan siswa dapat belajar dari mana saja, mengatasi hambatan geografis.


Kolaborasi Antar Guru:

Guru dapat berkolaborasi melalui platform ini, bertukar ide, materi pengajaran, dan pengalaman. Ini membuka peluang untuk meningkatkan kualitas pengajaran melalui pertukaran praktik terbaik serta bersinergi dalam komunitas belajar (kombel)


Fleksibilitas Waktu:

Guru dapat menyesuaikan jadwal mengajar mereka sesuai dengan kebutuhan, memberikan fleksibilitas yang lebih besar. Ini dapat membantu guru dalam menjaga keseimbangan antara kehidupan kerja dan pribadi. Mengingat penerapan Kurikulum Merdeka ini memang tidak ada pelatihan yang berjenjang maupun khusus seperti kurikulum-kurikulum sebelumnya.


Inovasi Pendidikan:

Platform ini mendorong inovasi dalam metode pengajaran. Guru dapat menggunakan berbagai media sarana dan pendekatan baru untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan efektif.


Penyesuaian dengan Kebutuhan Siswa:

Setiap kelas memiliki kebutuhan yang unik. Kemerdekaan mengajar memungkinkan guru untuk lebih baik menyesuaikan pendekatan pengajaran mereka dengan gaya belajar dan kebutuhan individual siswa.


Meningkatkan Kualitas Pendidikan:

Kemerdekaan mengajar dapat menjadi kunci untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan. Guru yang memiliki kontrol lebih besar dalam proses pembelajaran dapat merancang pengalaman belajar yang lebih efektif dan relevan.


Penghargaan :

Dengan mengerjakan pelatihan dari modul-modul yang terdapat didalam setiap topik kurikulum merdeka maka para guru mendapatkan penghargaan berupa sertifikat serta tanggapan dari rekan guru se nusantara.




Negatif:

Ketidaksetaraan Akses:

Meskipun memberikan kemudahan akses, tidak semua siswa memiliki koneksi internet yang stabil atau perangkat yang memadai. Hal ini dapat meningkatkan kesenjangan aksesibilitas pendidikan.


Keterbatasan Interaksi Sosial:

Pembelajaran daring dapat mengurangi interaksi sosial antara guru dan siswa. Aspek interaksi ini dapat memiliki dampak pada perkembangan sosial dan emosional siswa.


Keterbatasan Pengawasan:

Guru mungkin mengalami kesulitan untuk mengawasi dan memastikan keterlibatan siswa secara langsung. Ini dapat mempengaruhi efektivitas pengajaran dan pemahaman siswa terhadap materi.


Ketergantungan pada Teknologi:

Meskipun menggunakan teknologi membawa manfaat, ketergantungan yang berlebihan dapat menjadi masalah. Masalah teknis atau kegagalan perangkat dapat menghambat proses pembelajaran.


Kesulitan Menilai Pemahaman Siswa:

Platform ini mungkin menghadapi kendala dalam mengevaluasi pemahaman siswa secara menyeluruh. Beberapa konsep atau aspek pembelajaran mungkin sulit untuk diukur melalui metode daring.


    Sementara Platform Merdeka Mengajar membawa banyak manfaat, penting bagi guru untuk memahami tantangan yang mungkin timbul. Dengan memanfaatkan positifnya dan mengatasi hambatan, guru dapat menjadikan penggunaan platform ini sebagai sarana yang efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

إرسال تعليق

Thanks ...

أحدث أقدم

POST ADS1

POST ADS 2