CAPAIAN
PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS
SMA/MA (FASE E)
Elemen |
Capaian Pembelajaran |
Menyimak – Berbicara |
Pada
akhir Fase E, peserta didik menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi
dengan guru, teman sebaya dan orang lain dalam berbagai macam situasi dan
tujuan. Mereka menggunakan dan merespon pertanyaan dan menggunakan strategi
untuk memulai dan mempertahankan percakapan dan diskusi. Mereka memahami dan mengidentifikasi
ide utama dan detail relevan dari diskusi atau presentasi mengenai topik yang
dekat dengan kehidupan pemuda. Mereka menggunakan bahasa Inggris untuk
menyampaikan opini terhadap isu yang dekat dengan kehidupan pemuda dan untuk membahas
minat. Mereka memberikan pendapat dan membuat perbandingan. Mereka
menggunakan elemen non-verbal seperti bahasa tubuh, kecepatan bicara, dan
nada suara untuk dapat dipahami dalam sebagian konteks. By the end of Phase E, students use English to communicate with teachers,
peers and others in a range of settings and for a range of purposes. They use
and respond to questions and use strategies to initiate and sustain
conversations and discussion. They understand and identify the main ideas and
relevant details of discussions or presentations on youth-related topics.
They use English to express opinions on youth-related issues and to discuss
youth-related interests. They give and make comparisons. They use non-verbal
elements such as gestures, speed, and pitch to be understood in some
contexts. |
Membaca – Memirsa |
Pada
akhir Fase E, peserta didik membaca dan merespon berbagai macam teks seperti
narasi, deskripsi, prosedur, eksposisi, recount,
dan report. Mereka membaca untuk
mempelajari sesuatu atau untuk mendapatkan informasi. Mereka mencari dan
mengevaluasi detil spesifik dan inti dari berbagai macam jenis teks. Teks ini
dapat berbentuk cetak atau digital, termasuk di antaranya teks visual, multimodal,
atau interaktif. Pemahaman mereka terhadap ide pokok, isu-isu atau pengembangan plot dalam berbagai macam teks
mulai berkembang. Mereka mengidentifikasi tujuan penulis dan mengembangkan
keterampilannya untuk melakukan inferensi sederhana dalam memahami informasi
tersirat dalam teks.
|
Menulis –
Mempresentasikan |
Pada
akhir Fase E, peserta didik menulis berbagai jenis teks fiksi dan non-fiksi,
melalui aktivitas yang dipandu, menunjukkan kesadaran peserta didik terhadap
tujuan dan target pembaca. Mereka membuat perencanaan, menulis, mengulas dan
menulis ulang berbagai jenis tipe teks dengan menunjukkan strategi koreksi
diri, termasuk tanda baca dan huruf besar. Mereka menyampaikan ide
menggunakan kosakata dan kata kerja umum dalam tulisannya. Mereka menyajikan
informasi menggunakan berbagai mode presentasi untuk menyesuaikan dengan pembaca/pemirsa
dan untuk mencapai tujuan yang berbeda-beda, dalam bentuk cetak dan digital.
|
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN
BAHASA INGGRIS SMA/MA
FASE E KELAS X
UNIT
1 Language, Lens of Understanding
Tujuan
Pembelajaran
1.
Peserta didik dapat memahami konteks
bahasa Inggris lisan dan menanggapi pertanyaan.
2.
Peserta didik dapat memulai dan mempertahankan
percakapan atau diskusi.
3.
Peserta didik dapat mengungkapkan
ekspresi terkejut dan menunjukkan minat.
4.
Peserta didik dapat membaca cerita
fantasi dan menganalisis strukturnya.
5.
Peserta didik dapat membaca
cerita pendek untuk memahami makna kosakata dalam konteks.
6.
Peserta didik dapat membaca
cerita pendek untuk memahami common noun
dan proper noun.
7.
Peserta didik dapat membaca
cerita pendek untuk memahami penggunaan kata sifat warna, ukuran, bentuk, dan
kualitas.
8.
Peserta didik dapat menulis cerita
fantasi melalui kegiatan yang dipandu.
Profil Pelajar
Pancasila: Mutual
Assistance
Alur
Tujuan Pembelajaran
Elemen: Menyimak – Berbicara |
|||
Capaian Pembelajaran: Pada
akhir Fase E, peserta didik menggunakan
bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan guru, teman sebaya, dan orang lain
dalam berbagai macam situasi dan tujuan. Mereka menggunakan dan merespon pertanyaan dan menggunakan strategi
untuk memulai dan mempertahankan
percakapan dan diskusi. Mereka memahami dan mengidentifikasi ide utama
dan detail relevan dari diskusi atau presentasi mengenai topik yang dekat
dengan kehidupan pemuda. Mereka menggunakan bahasa Inggris untuk menyampaikan
opini terhadap isu yang dekat dengan kehidupan pemuda dan untuk membahas
minat. Mereka memberikan pendapat dan membuat perbandingan. Mereka
menggunakan elemen non-verbal seperti bahasa tubuh, kecepatan bicara, dan
nada suara untuk dapat dipahami dalam sebagian konteks. |
|||
Materi* |
Tujuan
Pembelajaran |
Modul
Ajar** |
JP |
1 |
Peserta didik dapat memahami
konteks bahasa Inggris lisan dan menanggapi pertanyaan. |
1 |
1 |
1 |
Peserta didik dapat memulai dan mempertahankan
percakapan atau diskusi. |
1 |
1 |
1 |
Peserta didik dapat mengungkapkan
ekspresi terkejut dan menunjukkan minat. |
1 |
1 |
TOTAL
JAM PELAJARAN (JP) |
3 |
Elemen: Membaca – Memirsa |
|||
Capaian Pembelajaran: Pada
akhir Fase E, peserta didik membaca dan merespon berbagai macam teks seperti narasi, deskripsi, prosedur,
eksposisi, recount, dan report. Mereka membaca untuk mempelajari sesuatu atau untuk
mendapatkan informasi. Mereka mencari dan mengevaluasi detil spesifik dan
inti dari berbagai macam jenis teks. Teks ini dapat berbentuk cetak atau
digital, termasuk di antaranya teks visual, multimodal, atau interaktif.
Pemahaman mereka terhadap ide pokok, isu-isu
atau pengembangan plot dalam berbagai macam teks mulai berkembang. Mereka
mengidentifikasi tujuan penulis dan mengembangkan keterampilannya untuk
melakukan inferensi sederhana dalam memahami informasi tersirat dalam teks. |
|||
Materi* |
Tujuan
Pembelajaran |
Modul
Ajar** |
JP |
1 |
Peserta didik dapat membaca
cerita fantasi dan menganalisis strukturnya. |
1 |
1 |
1 |
Peserta didik dapat membaca cerita
pendek untuk memahami makna kosakata dalam konteks. |
1 |
1 |
1 |
Peserta didik dapat membaca cerita
pendek untuk memahami common noun
dan proper noun. |
1 |
1 |
1 |
Peserta didik dapat membaca
cerita pendek untuk memahami penggunaan kata sifat warna, ukuran, bentuk, dan
kualitas. |
1 |
1 |
TOTAL
JAM PELAJARAN (JP) |
4 |
Elemen: Menulis –
Mempresentasikan |
|||
Capaian Pembelajaran: Pada
akhir Fase E, peserta didik menulis
berbagai jenis teks fiksi dan non-fiksi, melalui aktivitas yang dipandu,
menunjukkan kesadaran peserta didik terhadap tujuan dan target pembaca.
Mereka membuat perencanaan, menulis, mengulas dan menulis ulang berbagai
jenis tipe teks dengan menunjukkan strategi koreksi diri, termasuk tanda baca
dan huruf besar. Mereka menyampaikan ide menggunakan kosakata dan kata kerja
umum dalam tulisannya. Mereka menyajikan informasi menggunakan berbagai mode
presentasi untuk menyesuaikan dengan pembaca/pemirsa dan untuk mencapai
tujuan yang berbeda-beda, dalam bentuk cetak dan digital. |
|||
Materi* |
Tujuan
Pembelajaran |
Modul
Ajar** |
JP |
1 |
Peserta didik dapat menulis cerita
fantasi melalui kegiatan yang dipandu. |
1 |
1 |
TOTAL
JAM PELAJARAN (JP) |
1 |
* Angka menunjukkan bab
**Angka menunjukkan
urutan file Modul Ajar (sesuai urutan bab)
UNIT
2 Unlock the Ideas to Arts
Tujuan
Pembelajaran
1.
Peserta didik dapat menemukan
informasi spesifik dalam bahasa Inggris lisan dan menjawab pertanyaan.
2.
Peserta didik dapat menggunakan strategi back channeling untuk memulai dan
mempertahankan percakapan dan diskusi.
3.
Peserta didik dapat menggunakan
ekspresi future intention.
4.
Peserta didik dapat membaca teks deskriptif tentang
bangunan yang tidak biasa dan belajar menghargai karya kreatif orang lain.
5.
Peserta didik dapat membaca
teks deskriptif untuk
untuk memahami arti kosakata tertentu dalam konteks.
6.
Peserta didik dapat menggunakan
kalimat pasif dalam simple present, simple past, dan present future untuk membuat identifikasi.
7.
Peserta didik dapat menonton
video pendek untuk memahami konteksnya.
8.
Peserta didik dapat menulis teks deskriptif melalui
kegiatan yang dipandu.
9.
Peserta didik dapat berkolaborasi
dalam proyek penelitian perpustakaan.
10.
Peserta didik dapat mempresentasikan
hasil survei menggunakan mode presentasi yang berbeda agar sesuai dengan
audiens yang berbeda dan untuk mencapai tujuan yang berbeda dalam bentuk cetak
dan digital.
Profil Pelajar
Pancasila: Global
Diversity
Alur
Tujuan Pembelajaran
Elemen: Menyimak – Berbicara |
|||
Capaian Pembelajaran: Pada
akhir Fase E, peserta didik menggunakan
bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan guru, teman sebaya, dan orang lain
dalam berbagai macam situasi dan tujuan. Mereka menggunakan dan merespon
pertanyaan dan menggunakan strategi
untuk memulai dan mempertahankan percakapan dan diskusi. Mereka memahami dan mengidentifikasi ide utama
dan detail relevan dari diskusi atau presentasi mengenai topik yang dekat
dengan kehidupan pemuda. Mereka menggunakan bahasa Inggris untuk
menyampaikan opini terhadap isu yang dekat dengan kehidupan pemuda dan untuk membahas
minat. Mereka memberikan pendapat dan membuat perbandingan. Mereka
menggunakan elemen non-verbal seperti bahasa tubuh, kecepatan bicara, dan
nada suara untuk dapat dipahami dalam sebagian konteks. |
|||
Materi* |
Tujuan
Pembelajaran |
Modul
Ajar** |
JP |
2 |
Peserta didik dapat menemukan
informasi spesifik dalam bahasa Inggris lisan dan menjawab pertanyaan. |
2 |
1 |
2 |
Peserta didik dapat menggunakan strategi back channeling untuk memulai dan
mempertahankan percakapan dan diskusi. |
2 |
1 |
2 |
Peserta didik dapat menggunakan
ekspresi future intention. |
2 |
1 |
TOTAL
JAM PELAJARAN (JP) |
3 |
Elemen: Membaca – Memirsa |
|||
Capaian Pembelajaran: Pada
akhir Fase E, peserta didik membaca dan merespon berbagai macam teks seperti narasi,
deskripsi, prosedur, eksposisi, recount, dan report. Mereka membaca
untuk mempelajari sesuatu atau untuk mendapatkan informasi. Mereka mencari dan mengevaluasi detil spesifik
dan inti dari berbagai macam jenis teks. Teks ini dapat berbentuk cetak atau digital, termasuk di antaranya teks
visual, multimodal, atau interaktif. Pemahaman mereka terhadap ide pokok, isu-isu atau pengembangan plot dalam berbagai macam teks
mulai berkembang. Mereka mengidentifikasi tujuan penulis dan mengembangkan
keterampilannya untuk melakukan inferensi sederhana dalam memahami informasi
tersirat dalam teks. |
|||
Materi* |
Tujuan
Pembelajaran |
Modul
Ajar** |
JP |
2 |
Peserta didik dapat membaca teks deskriptif tentang
bangunan yang tidak biasa dan belajar menghargai karya kreatif orang lain. |
2 |
1 |
2 |
Peserta didik dapat membaca
teks deskriptif untuk
untuk memahami arti kosakata tertentu dalam konteks. |
2 |
1 |
2 |
Peserta didik dapat menggunakan
kalimat pasif dalam simple present,
simple past, dan present future untuk membuat
identifikasi. |
2 |
1 |
2 |
Peserta didik dapat menonton
video pendek untuk memahami konteksnya. |
2 |
1 |
TOTAL
JAM PELAJARAN (JP) |
4 |
Elemen: Menulis –
Mempresentasikan |
|||
Capaian Pembelajaran: Pada
akhir Fase E, peserta didik menulis
berbagai jenis teks fiksi dan non-fiksi, melalui aktivitas yang dipandu, menunjukkan kesadaran peserta didik
terhadap tujuan dan target pembaca. Mereka membuat perencanaan, menulis,
mengulas dan menulis ulang berbagai jenis tipe teks dengan menunjukkan
strategi koreksi diri, termasuk tanda baca dan huruf besar. Mereka menyampaikan
ide menggunakan kosakata dan kata kerja umum dalam tulisannya. Mereka menyajikan informasi menggunakan berbagai
mode presentasi untuk menyesuaikan dengan pembaca/pemirsa dan untuk mencapai
tujuan yang berbeda-beda, dalam bentuk cetak dan digital. |
|||
Materi* |
Tujuan
Pembelajaran |
Modul
Ajar** |
JP |
2 |
Peserta didik dapat menulis teks deskriptif melalui
kegiatan yang dipandu. |
2 |
1 |
2 |
Peserta didik dapat berkolaborasi
dalam proyek penelitian perpustakaan. |
2 |
1 |
2 |
Peserta didik dapat mempresentasikan
hasil survei menggunakan mode presentasi yang berbeda agar sesuai dengan
audiens yang berbeda dan untuk mencapai tujuan yang berbeda dalam bentuk
cetak dan digital. |
2 |
1 |
TOTAL
JAM PELAJARAN (JP) |
3 |
* Angka menunjukkan bab
**Angka menunjukkan
urutan file Modul Ajar (sesuai urutan bab)
UNIT
3 When a Disease was Declared as a Pandemic
Tujuan
Pembelajaran
1.
Peserta didik dapat menemukan informasi
spesifik dalam bahasa Inggris lisan dan menjawab pertanyaan.
2.
Peserta didik dapat menggunakan question-tag sebagai strategi untuk
memulai dan mempertahankan percakapan dan diskusi.
3.
Peserta didik dapat memahami
ekspresi bercerita.
4.
Peserta didik dapat membaca teks recount sejarah tentang sejarah pandemi di dunia dan belajar
menerapkan kesadaran diri selama situasi pandemi.
5.
Peserta didik dapat mempelajari
arti kosakata tertentu dalam konteks.
6.
Peserta didik dapat memahami
penggunaan konjungsi temporal (temporal
conjunction).
7.
Peserta didik dapat menonton
video pendek untuk memahami konteksnya.
8.
Peserta didik dapat menulis teks recount sejarah melalui kegiatan yang
dipandu.
9.
Peserta didik dapat berkolaborasi
dalam proyek berbasis solusi masalah.
10.
Peserta didik dapat mempresentasikan
hasil proyek menggunakan mode presentasi yang berbeda agar sesuai dengan
audiens yang berbeda dan untuk mencapai tujuan yang berbeda dalam bentuk cetak
dan digital.
Profil Pelajar
Pancasila: Self-reliant
Alur
Tujuan Pembelajaran
Elemen: Menyimak – Berbicara |
|||
Capaian Pembelajaran: Pada
akhir Fase E, peserta didik menggunakan
bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan guru, teman sebaya, dan orang lain
dalam berbagai macam situasi dan tujuan. Mereka menggunakan dan merespon
pertanyaan dan menggunakan strategi
untuk memulai dan mempertahankan percakapan dan diskusi. Mereka memahami
dan mengidentifikasi ide utama dan detail relevan dari diskusi atau
presentasi mengenai topik yang dekat dengan kehidupan pemuda. Mereka
menggunakan bahasa Inggris untuk menyampaikan opini terhadap isu yang dekat
dengan kehidupan pemuda dan untuk membahas minat. Mereka memberikan pendapat
dan membuat perbandingan. Mereka menggunakan
elemen non-verbal seperti bahasa tubuh, kecepatan bicara, dan nada suara
untuk dapat dipahami dalam sebagian konteks. |
|||
Materi* |
Tujuan
Pembelajaran |
Modul
Ajar** |
JP |
3 |
Peserta didik dapat menemukan informasi
spesifik dalam bahasa Inggris lisan dan menjawab pertanyaan. |
3 |
1 |
3 |
Peserta didik dapat menggunakan question-tag sebagai strategi untuk
memulai dan mempertahankan percakapan dan diskusi. |
3 |
1 |
3 |
Peserta didik dapat memahami
ekspresi bercerita. |
3 |
1 |
TOTAL
JAM PELAJARAN (JP) |
3 |
Elemen: Membaca – Memirsa |
|||
Capaian Pembelajaran: Pada
akhir Fase E, peserta didik membaca dan merespon berbagai macam teks seperti narasi,
deskripsi, prosedur, eksposisi, recount, dan report. Mereka membaca untuk mempelajari
sesuatu atau untuk mendapatkan informasi. Mereka mencari dan mengevaluasi
detil spesifik dan inti dari berbagai macam jenis teks. Teks ini dapat berbentuk cetak atau digital,
termasuk di antaranya teks visual, multimodal, atau interaktif. Pemahaman
mereka terhadap ide pokok, isu-isu atau
pengembangan plot dalam berbagai macam teks mulai berkembang. Mereka
mengidentifikasi tujuan penulis dan mengembangkan keterampilannya untuk melakukan inferensi
sederhana dalam memahami informasi tersirat dalam teks. |
|||
Materi* |
Tujuan
Pembelajaran |
Modul
Ajar** |
JP |
3 |
Peserta didik dapat membaca teks recount sejarah tentang sejarah
pandemi di dunia dan belajar menerapkan kesadaran diri selama situasi pandemi. |
3 |
1 |
3 |
Peserta didik dapat mempelajari
arti kosakata tertentu dalam konteks. |
3 |
1 |
3 |
Peserta didik dapat memahami
penggunaan konjungsi temporal (temporal
conjunction). |
3 |
1 |
3 |
Peserta didik dapat menonton
video pendek untuk memahami konteksnya. |
3 |
1 |
TOTAL
JAM PELAJARAN (JP) |
4 |
Elemen: Menulis –
Mempresentasikan |
|||
Capaian Pembelajaran: Pada
akhir Fase E, peserta didik menulis
berbagai jenis teks fiksi dan non-fiksi, melalui aktivitas yang dipandu, menunjukkan kesadaran peserta didik
terhadap tujuan dan target pembaca. Mereka membuat perencanaan, menulis,
mengulas dan menulis ulang berbagai jenis tipe teks dengan menunjukkan
strategi koreksi diri, termasuk tanda baca dan huruf besar. Mereka
menyampaikan ide menggunakan kosakata dan kata kerja umum dalam tulisannya.
Mereka menyajikan informasi
menggunakan berbagai mode presentasi untuk menyesuaikan dengan
pembaca/pemirsa dan untuk mencapai tujuan yang berbeda-beda, dalam bentuk
cetak dan digital. |
|||
Materi* |
Tujuan
Pembelajaran |
Modul
Ajar** |
JP |
3 |
Peserta didik dapat menulis teks recount sejarah melalui kegiatan yang
dipandu. |
3 |
1 |
3 |
Peserta didik dapat berkolaborasi
dalam proyek berbasis solusi masalah. |
3 |
1 |
3 |
Peserta didik dapat mempresentasikan
hasil proyek menggunakan mode presentasi yang berbeda agar sesuai dengan
audiens yang berbeda dan untuk mencapai tujuan yang berbeda dalam bentuk
cetak dan digital. |
3 |
1 |
TOTAL
JAM PELAJARAN (JP) |
3 |
* Angka menunjukkan bab
**Angka menunjukkan
urutan file Modul Ajar (sesuai urutan bab)
UNIT
4 Good Habits during Pandemics
Tujuan
Pembelajaran
1.
Peserta didik dapat menemukan informasi
spesifik dalam bahasa Inggris lisan dan menjawab pertanyaan.
2.
Peserta didik dapat menggunakan ekspresi
lain alih-alih mengulangi respons yang sama sebagai strategi untuk
mengembangkan penggunaan kosa kata dalam percakapan dan diskusi.
3.
Peserta didik dapat memahami
ekspresi urutan waktu (time order).
4.
Peserta didik dapat membaca teks prosedur tentang
manual dan tips serta belajar menerapkan self-regulation
secara mandiri selama situasi pandemi.
5.
Peserta didik dapat mempelajari
arti kosakata pembentuk kata dalam konteks untuk memahami teks prosedur serta
dapat memahami perbedaan manual dan tips.
6.
Peserta didik dapat memahami ekspresi sebab dan akibat.
7.
Peserta didik dapat menonton video
pendek untuk memahami konteksnya.
8.
Peserta didik dapat menulis
teks prosedur melalui kegiatan yang dipandu.
9.
Peserta didik dapat berkolaborasi
dalam proyek berbasis solusi masalah.
10.
Peserta didik dapat mempresentasikan
hasil proyek menggunakan mode presentasi yang berbeda agar sesuai dengan
audiens yang berbeda dan untuk mencapai tujuan yang berbeda dalam bentuk cetak
dan digital.
Profil Pelajar
Pancasila: Self-reliant
Alur
Tujuan Pembelajaran
Elemen: Menyimak – Berbicara |
|||
Capaian Pembelajaran: Pada
akhir Fase E, peserta didik menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi
dengan guru, teman sebaya, dan orang lain dalam berbagai macam situasi dan
tujuan. Mereka menggunakan dan
merespon pertanyaan dan menggunakan strategi untuk memulai dan
mempertahankan percakapan dan diskusi. Mereka memahami dan mengidentifikasi ide utama dan detail relevan dari
diskusi atau presentasi mengenai topik yang dekat dengan kehidupan pemuda.
Mereka menggunakan bahasa Inggris untuk menyampaikan opini terhadap isu yang
dekat dengan kehidupan pemuda dan untuk membahas minat. Mereka memberikan
pendapat dan membuat perbandingan. Mereka menggunakan elemen non-verbal
seperti bahasa tubuh, kecepatan bicara, dan nada suara untuk dapat dipahami
dalam sebagian konteks. |
|||
Materi* |
Tujuan
Pembelajaran |
Modul
Ajar** |
JP |
4 |
Peserta didik dapat menemukan informasi
spesifik dalam bahasa Inggris lisan dan menjawab pertanyaan. |
4 |
1 |
4 |
Peserta didik dapat menggunakan ekspresi
lain alih-alih mengulangi respons yang sama sebagai strategi untuk
mengembangkan penggunaan kosa kata dalam percakapan dan diskusi. |
4 |
1 |
4 |
Peserta didik dapat memahami
ekspresi urutan waktu (time order). |
4 |
1 |
TOTAL
JAM PELAJARAN (JP) |
3 |
Elemen: Membaca – Memirsa |
|||
Capaian Pembelajaran: Pada
akhir Fase E, peserta didik membaca dan merespon berbagai macam teks seperti narasi,
deskripsi, prosedur, eksposisi, recount, dan report. Mereka membaca untuk mempelajari
sesuatu atau untuk mendapatkan informasi. Mereka mencari dan mengevaluasi detil spesifik dan inti dari berbagai macam
jenis teks. Teks ini dapat berbentuk
cetak atau digital, termasuk di antaranya teks visual, multimodal, atau
interaktif. Pemahaman mereka terhadap ide pokok, isu-isu atau pengembangan plot dalam berbagai macam teks
mulai berkembang. Mereka mengidentifikasi tujuan penulis dan mengembangkan keterampilannya
untuk melakukan inferensi sederhana dalam memahami informasi tersirat dalam
teks. |
|||
Materi* |
Tujuan
Pembelajaran |
Modul
Ajar** |
JP |
4 |
Peserta didik dapat membaca teks prosedur tentang
manual dan tips serta belajar menerapkan self-regulation
secara mandiri selama situasi pandemi. |
4 |
1 |
4 |
Peserta didik dapat mempelajari
arti kosakata pembentuk kata dalam konteks untuk memahami teks prosedur serta
dapat memahami perbedaan manual dan tips. |
4 |
1 |
4 |
Peserta didik dapat memahami ekspresi sebab dan
akibat. |
4 |
1 |
4 |
Peserta didik dapat menonton video
pendek untuk memahami konteksnya. |
4 |
1 |
TOTAL
JAM PELAJARAN (JP) |
4 |
Elemen: Menulis – Mempresentasikan |
|||
Capaian Pembelajaran: Pada
akhir Fase E, peserta didik menulis
berbagai jenis teks fiksi dan non-fiksi, melalui aktivitas yang dipandu,
menunjukkan kesadaran peserta didik terhadap tujuan dan target pembaca.
Mereka membuat perencanaan, menulis, mengulas dan menulis ulang berbagai
jenis tipe teks dengan menunjukkan strategi koreksi diri, termasuk tanda baca
dan huruf besar. Mereka menyampaikan ide menggunakan kosakata dan kata kerja
umum dalam tulisannya. Mereka menyajikan
informasi menggunakan berbagai mode presentasi untuk menyesuaikan dengan
pembaca/pemirsa dan untuk mencapai tujuan yang berbeda-beda, dalam bentuk
cetak dan digital. |
|||
Materi* |
Tujuan
Pembelajaran |
Modul
Ajar** |
JP |
4 |
Peserta didik dapat menulis
teks prosedur melalui kegiatan yang dipandu. |
4 |
1 |
4 |
Peserta didik dapat berkolaborasi
dalam proyek berbasis solusi masalah. |
4 |
1 |
4 |
Peserta didik dapat mempresentasikan
hasil proyek menggunakan mode presentasi yang berbeda agar sesuai dengan audiens
yang berbeda dan untuk mencapai tujuan yang berbeda dalam bentuk cetak dan
digital. |
4 |
1 |
TOTAL
JAM PELAJARAN (JP) |
3 |
* Angka menunjukkan bab
**Angka menunjukkan
urutan file Modul Ajar (sesuai urutan bab)
UNIT
5 Smart Teenagers in a Smart Community
Tujuan
Pembelajaran
1.
Peserta didik dapat memahami konteks
bahasa Inggris lisan dan menggunakan bahasa Inggris untuk menjawab pertanyaan.
2.
Peserta didik dapat menggunakan ice-breaker untuk memulai dan
mempertahankan percakapan dan diskusi.
3.
Peserta didik dapat menganalisis
struktur dasar teks report.
4.
Peserta didik dapat memahami arti kosakata tertentu
dalam konteks serta memahami penggunaan istilah umum,
penggunaan bahasa teknis, penggunaan present
tense, dan penggunaan past tense.
5.
Peserta didik dapat memahami penggunaan topik dan
kalimat pendukung.
6.
Peserta didik dapat menulis teks report melalui kegiatan yang dipandu.
7.
Peserta didik dapat berkolaborasi
dalam proyek teknologi ramah lingkungan untuk mengurangi sampah plastik.
8.
Peserta didik dapat menyajikan
laporan proyek menggunakan mode presentasi yang berbeda agar sesuai dengan
audiens yang berbeda dan untuk mencapai tujuan yang berbeda dalam bentuk cetak
dan digital.
Profil Pelajar
Pancasila: Creative
Alur
Tujuan Pembelajaran
Elemen: Menyimak – Berbicara |
|||
Capaian Pembelajaran: Pada
akhir Fase E, peserta didik menggunakan
bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan guru, teman sebaya, dan orang lain
dalam berbagai macam situasi dan tujuan. Mereka menggunakan dan merespon
pertanyaan dan menggunakan strategi
untuk memulai dan mempertahankan percakapan dan diskusi. Mereka memahami
dan mengidentifikasi ide utama dan detail relevan dari diskusi atau
presentasi mengenai topik yang dekat dengan kehidupan pemuda. Mereka
menggunakan bahasa Inggris untuk menyampaikan opini terhadap isu yang dekat
dengan kehidupan pemuda dan untuk membahas minat. Mereka memberikan pendapat
dan membuat perbandingan. Mereka menggunakan elemen non-verbal seperti bahasa
tubuh, kecepatan bicara, dan nada suara untuk dapat dipahami dalam sebagian
konteks. |
|||
Materi* |
Tujuan
Pembelajaran |
Modul
Ajar** |
JP |
5 |
Peserta didik dapat memahami
konteks bahasa Inggris lisan dan menggunakan bahasa Inggris untuk menjawab
pertanyaan. |
5 |
1 |
5 |
Peserta didik dapat menggunakan ice-breaker untuk memulai dan
mempertahankan percakapan dan diskusi. |
5 |
1 |
TOTAL
JAM PELAJARAN (JP) |
2 |
Elemen: Membaca – Memirsa |
|||
Capaian Pembelajaran: Pada
akhir Fase E, peserta didik membaca dan merespon berbagai macam teks seperti narasi,
deskripsi, prosedur, eksposisi, recount,
dan report. Mereka membaca
untuk mempelajari sesuatu atau untuk mendapatkan informasi. Mereka mencari dan mengevaluasi detil spesifik
dan inti dari berbagai macam jenis teks. Teks ini dapat berbentuk cetak atau digital,
termasuk di antaranya teks visual, multimodal, atau interaktif. Pemahaman mereka terhadap ide pokok, isu-isu atau
pengembangan plot dalam berbagai macam teks mulai berkembang. Mereka
mengidentifikasi tujuan penulis dan mengembangkan keterampilannya untuk
melakukan inferensi sederhana dalam memahami informasi tersirat dalam teks. |
|||
Materi* |
Tujuan
Pembelajaran |
Modul
Ajar** |
JP |
5 |
Peserta didik dapat menganalisis
struktur dasar teks report. |
5 |
1 |
5 |
Peserta didik dapat memahami arti kosakata tertentu
dalam konteks serta memahami penggunaan istilah umum,
penggunaan bahasa teknis, penggunaan present
tense, dan penggunaan past tense. |
5 |
1 |
5 |
Peserta didik dapat memahami penggunaan topik dan
kalimat pendukung. |
5 |
1 |
TOTAL
JAM PELAJARAN (JP) |
3 |
Elemen: Menulis – Mempresentasikan |
|||
Capaian Pembelajaran: Pada
akhir Fase E, peserta didik menulis
berbagai jenis teks fiksi dan non-fiksi, melalui aktivitas yang dipandu,
menunjukkan kesadaran peserta didik terhadap tujuan dan target pembaca.
Mereka membuat perencanaan, menulis, mengulas dan menulis ulang berbagai
jenis tipe teks dengan menunjukkan strategi koreksi diri, termasuk tanda baca
dan huruf besar. Mereka menyampaikan ide menggunakan kosakata dan kata kerja
umum dalam tulisannya. Mereka menyajikan
informasi menggunakan berbagai mode presentasi untuk menyesuaikan dengan
pembaca/pemirsa dan untuk mencapai tujuan yang berbeda-beda, dalam bentuk
cetak dan digital. |
|||
Materi* |
Tujuan
Pembelajaran |
Modul
Ajar** |
JP |
5 |
Peserta didik dapat menulis teks report melalui kegiatan yang dipandu. |
5 |
1 |
5 |
Peserta didik dapat berkolaborasi
dalam proyek teknologi ramah lingkungan untuk mengurangi sampah plastik. |
5 |
1 |
5 |
Peserta didik dapat menyajikan
laporan proyek menggunakan mode presentasi yang berbeda agar sesuai dengan
audiens yang berbeda dan untuk mencapai tujuan yang berbeda dalam bentuk
cetak dan digital. |
5 |
1 |
TOTAL
JAM PELAJARAN (JP) |
3 |
* Angka menunjukkan bab
**Angka menunjukkan
urutan file Modul Ajar (sesuai urutan bab)
UNIT
6 Help the Planet We Call Home
Tujuan
Pembelajaran
1.
Peserta didik dapat memahami konteks
bahasa Inggris lisan dan menggunakan bahasa Inggris untuk menjawab pertanyaan.
2.
Peserta didik dapat menggunakan strategi
'contoh' untuk memulai dan mempertahankan percakapan dan diskusi.
3.
Peserta didik dapat menggunakan
bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan guru, teman, atau orang lain dengan
mengungkapkan bukti atas pernyataaannya.
4.
Peserta didik dapat memahami struktur dasar teks
eksposisi analitis.
5.
Peserta didik dapat memahami makna kosakata tertentu
dalam konteks, penggunaan klausa if,
dan penggunaan kata-kata emotif.
6.
Peserta didik dapat menulis teks eksposisi analitis
melalui kegiatan yang dipandu.
7.
Peserta didik dapat berkolaborasi
dalam sebuah proyek.
8.
Peserta didik dapat menyajikan
laporan proyek menggunakan mode presentasi yang berbeda agar sesuai dengan
audiens yang berbeda dan untuk mencapai tujuan yang berbeda dalam bentuk cetak
dan digital.
Profil Pelajar
Pancasila: Creative
Alur
Tujuan Pembelajaran
Elemen: Menyimak – Berbicara |
|||
Capaian Pembelajaran: Pada
akhir Fase E, peserta didik menggunakan
bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan guru, teman sebaya, dan orang lain
dalam berbagai macam situasi dan tujuan. Mereka menggunakan dan merespon
pertanyaan dan menggunakan strategi
untuk memulai dan mempertahankan percakapan dan diskusi. Mereka memahami
dan mengidentifikasi ide utama dan detail relevan dari diskusi atau
presentasi mengenai topik yang dekat dengan kehidupan pemuda. Mereka menggunakan bahasa Inggris untuk
menyampaikan opini terhadap isu yang dekat dengan kehidupan pemuda dan
untuk membahas minat. Mereka memberikan
pendapat dan membuat perbandingan. Mereka menggunakan elemen non-verbal
seperti bahasa tubuh, kecepatan bicara, dan nada suara untuk dapat dipahami
dalam sebagian konteks. |
|||
Materi* |
Tujuan
Pembelajaran |
Modul
Ajar** |
JP |
6 |
Peserta didik dapat memahami
konteks bahasa Inggris lisan dan menggunakan bahasa Inggris untuk menjawab pertanyaan. |
6 |
1 |
6 |
Peserta didik dapat menggunakan strategi
'contoh' untuk memulai dan mempertahankan percakapan dan diskusi. |
6 |
1 |
6 |
Peserta didik dapat menggunakan
bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan guru, teman, atau orang lain dengan
mengungkapkan bukti atas pernyataaannya |
6 |
1 |
TOTAL
JAM PELAJARAN (JP) |
3 |
Elemen: Membaca – Memirsa |
|||
Capaian Pembelajaran: Pada
akhir Fase E, peserta didik membaca dan merespon berbagai macam teks seperti narasi,
deskripsi, prosedur, eksposisi, recount, dan report. Mereka membaca
untuk mempelajari sesuatu atau untuk mendapatkan informasi. Mereka mencari dan mengevaluasi detil spesifik
dan inti dari berbagai macam jenis teks. Teks ini dapat berbentuk cetak atau digital,
termasuk di antaranya teks visual, multimodal, atau interaktif. Pemahaman
mereka terhadap ide pokok, isu-isu atau pengembangan plot
dalam berbagai macam teks mulai berkembang. Mereka mengidentifikasi
tujuan penulis dan mengembangkan keterampilannya untuk melakukan inferensi
sederhana dalam memahami informasi tersirat dalam teks. |
|||
Materi* |
Tujuan
Pembelajaran |
Modul
Ajar** |
JP |
6 |
Peserta didik dapat memahami struktur dasar teks
eksposisi analitis. |
6 |
1 |
6 |
Peserta didik dapat memahami makna kosakata tertentu
dalam konteks, penggunaan klausa if,
dan penggunaan kata-kata emotif. |
6 |
1 |
TOTAL
JAM PELAJARAN (JP) |
2 |
Elemen: Menulis – Mempresentasikan |
|||
Capaian Pembelajaran: Pada
akhir Fase E, peserta didik menulis
berbagai jenis teks fiksi dan non-fiksi, melalui aktivitas yang dipandu,
menunjukkan kesadaran peserta didik terhadap tujuan dan target pembaca.
Mereka membuat perencanaan, menulis, mengulas dan menulis ulang berbagai
jenis tipe teks dengan menunjukkan strategi koreksi diri, termasuk tanda baca
dan huruf besar. Mereka menyampaikan ide menggunakan kosakata dan kata kerja
umum dalam tulisannya. Mereka menyajikan
informasi menggunakan berbagai mode presentasi untuk menyesuaikan dengan
pembaca/pemirsa dan untuk mencapai tujuan yang berbeda-beda, dalam bentuk
cetak dan digital. |
|||
Materi* |
Tujuan
Pembelajaran |
Modul
Ajar** |
JP |
6 |
Peserta didik dapat menulis teks eksposisi analitis
melalui kegiatan yang dipandu. |
6 |
1 |
6 |
Peserta didik dapat berkolaborasi
dalam sebuah proyek. |
6 |
1 |
6 |
Peserta didik dapat menyajikan
laporan proyek menggunakan mode presentasi yang berbeda agar sesuai dengan
audiens yang berbeda dan untuk mencapai tujuan yang berbeda dalam bentuk
cetak dan digital. |
6 |
1 |
TOTAL
JAM PELAJARAN (JP) |
3 |
* Angka menunjukkan bab
**Angka menunjukkan
urutan file Modul Ajar (sesuai urutan bab)