Perangkat KBM kelas 10 Fase E

 




CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS

SMA/MA (FASE E)

 

Elemen

Capaian Pembelajaran

Menyimak – Berbicara

Pada akhir Fase E, peserta didik menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan guru, teman sebaya dan orang lain dalam berbagai macam situasi dan tujuan. Mereka menggunakan dan merespon pertanyaan dan menggunakan strategi untuk memulai dan mempertahankan percakapan dan diskusi. Mereka memahami dan mengidentifikasi ide utama dan detail relevan dari diskusi atau presentasi mengenai topik yang dekat dengan kehidupan pemuda. Mereka menggunakan bahasa Inggris untuk menyampaikan opini terhadap isu yang dekat dengan kehidupan pemuda dan untuk membahas minat. Mereka memberikan pendapat dan membuat perbandingan. Mereka menggunakan elemen non-verbal seperti bahasa tubuh, kecepatan bicara, dan nada suara untuk dapat dipahami dalam sebagian konteks.

 

By the end of Phase E, students use English to communicate with teachers, peers and others in a range of settings and for a range of purposes. They use and respond to questions and use strategies to initiate and sustain conversations and discussion. They understand and identify the main ideas and relevant details of discussions or presentations on youth-related topics. They use English to express opinions on youth-related issues and to discuss youth-related interests. They give and make comparisons. They use non-verbal elements such as gestures, speed, and pitch to be understood in some contexts.

Membaca – Memirsa

Pada akhir Fase E, peserta didik membaca dan merespon berbagai macam teks seperti narasi, deskripsi, prosedur, eksposisi, recount, dan report. Mereka membaca untuk mempelajari sesuatu atau untuk mendapatkan informasi. Mereka mencari dan mengevaluasi detil spesifik dan inti dari berbagai macam jenis teks. Teks ini dapat berbentuk cetak atau digital, termasuk di antaranya teks visual, multimodal, atau interaktif. Pemahaman mereka terhadap ide pokok, isu-isu atau pengembangan plot dalam berbagai macam teks mulai berkembang. Mereka mengidentifikasi tujuan penulis dan mengembangkan keterampilannya untuk melakukan inferensi sederhana dalam memahami informasi tersirat dalam teks.


By the end of Phase E, students read and respond to a variety of texts, such as narratives, descriptions, procedures, expositions, recount and report. They read to learn or to find information. They locate and evaluate specific details and main ideas of a variety of texts. These texts may be in the form print or digital texts, including visual, multimodal or interactive texts. They are developing understanding of main ideas, issues or plot development in a variety of texts. They identify the author’s purposes and are developing simple inferential skills to help them understand implied information from the texts.

Menulis – Mempresentasikan

Pada akhir Fase E, peserta didik menulis berbagai jenis teks fiksi dan non-fiksi, melalui aktivitas yang dipandu, menunjukkan kesadaran peserta didik terhadap tujuan dan target pembaca. Mereka membuat perencanaan, menulis, mengulas dan menulis ulang berbagai jenis tipe teks dengan menunjukkan strategi koreksi diri, termasuk tanda baca dan huruf besar. Mereka menyampaikan ide menggunakan kosakata dan kata kerja umum dalam tulisannya. Mereka menyajikan informasi menggunakan berbagai mode presentasi untuk menyesuaikan dengan pembaca/pemirsa dan untuk mencapai tujuan yang berbeda-beda, dalam bentuk cetak dan digital.


By the end of phase E, students write a variety of fiction and non-fiction texts, through guided activities, showing an awareness of purpose and audience. They plan, write, review and redraft a range of text types with some evidence of self-correction strategies, including punctuation and capitalization. They express ideas and use common/daily vocabulary and verbs in their writing. They present information using different modes of presentation to suit different audiences and to achieve different purposes, in print and digital forms.



 

 

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN

BAHASA INGGRIS SMA/MA

FASE E KELAS X

 


 

UNIT 1 Language, Lens of Understanding

Tujuan Pembelajaran

1.      Peserta didik dapat memahami konteks bahasa Inggris lisan dan menanggapi pertanyaan.

2.      Peserta didik dapat memulai dan mempertahankan percakapan atau diskusi.

3.      Peserta didik dapat mengungkapkan ekspresi terkejut dan menunjukkan minat.

4.      Peserta didik dapat membaca cerita fantasi dan menganalisis strukturnya.

5.      Peserta didik dapat membaca cerita pendek untuk memahami makna kosakata dalam konteks.

6.      Peserta didik dapat membaca cerita pendek untuk memahami common noun dan proper noun.

7.      Peserta didik dapat membaca cerita pendek untuk memahami penggunaan kata sifat warna, ukuran, bentuk, dan kualitas.

8.      Peserta didik dapat menulis cerita fantasi melalui kegiatan yang dipandu.

Profil Pelajar Pancasila: Mutual Assistance

Alur Tujuan Pembelajaran

Elemen:

Menyimak – Berbicara

Capaian Pembelajaran:

Pada akhir Fase E, peserta didik menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan guru, teman sebaya, dan orang lain dalam berbagai macam situasi dan tujuan. Mereka menggunakan dan merespon pertanyaan dan menggunakan strategi untuk memulai dan mempertahankan percakapan dan diskusi. Mereka memahami dan mengidentifikasi ide utama dan detail relevan dari diskusi atau presentasi mengenai topik yang dekat dengan kehidupan pemuda. Mereka menggunakan bahasa Inggris untuk menyampaikan opini terhadap isu yang dekat dengan kehidupan pemuda dan untuk membahas minat. Mereka memberikan pendapat dan membuat perbandingan. Mereka menggunakan elemen non-verbal seperti bahasa tubuh, kecepatan bicara, dan nada suara untuk dapat dipahami dalam sebagian konteks.

 

Materi*

Tujuan Pembelajaran

Modul Ajar**

JP

1

Peserta didik dapat memahami konteks bahasa Inggris lisan dan menanggapi pertanyaan.

1

1

1

Peserta didik dapat memulai dan mempertahankan percakapan atau diskusi.

1

1

1

Peserta didik dapat mengungkapkan ekspresi terkejut dan menunjukkan minat.

1

1

TOTAL JAM PELAJARAN (JP)

3

 

Elemen:

Membaca – Memirsa

Capaian Pembelajaran:

Pada akhir Fase E, peserta didik membaca dan merespon berbagai macam teks seperti narasi, deskripsi, prosedur, eksposisi, recount, dan report. Mereka membaca untuk mempelajari sesuatu atau untuk mendapatkan informasi. Mereka mencari dan mengevaluasi detil spesifik dan inti dari berbagai macam jenis teks. Teks ini dapat berbentuk cetak atau digital, termasuk di antaranya teks visual, multimodal, atau interaktif. Pemahaman mereka terhadap ide pokok, isu-isu atau pengembangan plot dalam berbagai macam teks mulai berkembang. Mereka mengidentifikasi tujuan penulis dan mengembangkan keterampilannya untuk melakukan inferensi sederhana dalam memahami informasi tersirat dalam teks.

 

Materi*

Tujuan Pembelajaran

Modul Ajar**

JP

1

Peserta didik dapat membaca cerita fantasi dan menganalisis strukturnya.

1

1

1

Peserta didik dapat membaca cerita pendek untuk memahami makna kosakata dalam konteks.

1

1

1

Peserta didik dapat membaca cerita pendek untuk memahami common noun dan proper noun.

1

1

1

Peserta didik dapat membaca cerita pendek untuk memahami penggunaan kata sifat warna, ukuran, bentuk, dan kualitas.

1

1

TOTAL JAM PELAJARAN (JP)

4

 

Elemen:

Menulis – Mempresentasikan

Capaian Pembelajaran:

Pada akhir Fase E, peserta didik menulis berbagai jenis teks fiksi dan non-fiksi, melalui aktivitas yang dipandu, menunjukkan kesadaran peserta didik terhadap tujuan dan target pembaca. Mereka membuat perencanaan, menulis, mengulas dan menulis ulang berbagai jenis tipe teks dengan menunjukkan strategi koreksi diri, termasuk tanda baca dan huruf besar. Mereka menyampaikan ide menggunakan kosakata dan kata kerja umum dalam tulisannya. Mereka menyajikan informasi menggunakan berbagai mode presentasi untuk menyesuaikan dengan pembaca/pemirsa dan untuk mencapai tujuan yang berbeda-beda, dalam bentuk cetak dan digital.

 

Materi*

Tujuan Pembelajaran

Modul Ajar**

JP

1

Peserta didik dapat menulis cerita fantasi melalui kegiatan yang dipandu.

1

1

TOTAL JAM PELAJARAN (JP)

1

 

* Angka menunjukkan bab

**Angka menunjukkan urutan file Modul Ajar (sesuai urutan bab)

 


 

UNIT 2 Unlock the Ideas to Arts

Tujuan Pembelajaran

1.      Peserta didik dapat menemukan informasi spesifik dalam bahasa Inggris lisan dan menjawab pertanyaan.

2.      Peserta didik dapat menggunakan strategi back channeling untuk memulai dan mempertahankan percakapan dan diskusi.

3.      Peserta didik dapat menggunakan ekspresi future intention.

4.      Peserta didik dapat membaca teks deskriptif tentang bangunan yang tidak biasa dan belajar menghargai karya kreatif orang lain.

5.      Peserta didik dapat membaca teks deskriptif untuk untuk memahami arti kosakata tertentu dalam konteks.

6.      Peserta didik dapat menggunakan kalimat pasif dalam simple present, simple past, dan present future untuk membuat identifikasi.

7.      Peserta didik dapat menonton video pendek untuk memahami konteksnya.

8.      Peserta didik dapat menulis teks deskriptif melalui kegiatan yang dipandu.

9.      Peserta didik dapat berkolaborasi dalam proyek penelitian perpustakaan.

10.   Peserta didik dapat mempresentasikan hasil survei menggunakan mode presentasi yang berbeda agar sesuai dengan audiens yang berbeda dan untuk mencapai tujuan yang berbeda dalam bentuk cetak dan digital.

Profil Pelajar Pancasila: Global Diversity

Alur Tujuan Pembelajaran

Elemen:

Menyimak – Berbicara

Capaian Pembelajaran:

Pada akhir Fase E, peserta didik menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan guru, teman sebaya, dan orang lain dalam berbagai macam situasi dan tujuan. Mereka menggunakan dan merespon pertanyaan dan menggunakan strategi untuk memulai dan mempertahankan percakapan dan diskusi. Mereka memahami dan mengidentifikasi ide utama dan detail relevan dari diskusi atau presentasi mengenai topik yang dekat dengan kehidupan pemuda. Mereka menggunakan bahasa Inggris untuk menyampaikan opini terhadap isu yang dekat dengan kehidupan pemuda dan untuk membahas minat. Mereka memberikan pendapat dan membuat perbandingan. Mereka menggunakan elemen non-verbal seperti bahasa tubuh, kecepatan bicara, dan nada suara untuk dapat dipahami dalam sebagian konteks.

 

Materi*

Tujuan Pembelajaran

Modul Ajar**

JP

2

Peserta didik dapat menemukan informasi spesifik dalam bahasa Inggris lisan dan menjawab pertanyaan.

2

1

2

Peserta didik dapat menggunakan strategi back channeling untuk memulai dan mempertahankan percakapan dan diskusi.

2

1

2

Peserta didik dapat menggunakan ekspresi future intention.

2

1

TOTAL JAM PELAJARAN (JP)

3

 

Elemen:

Membaca – Memirsa

Capaian Pembelajaran:

Pada akhir Fase E, peserta didik membaca dan merespon berbagai macam teks seperti narasi, deskripsi, prosedur, eksposisi, recount, dan report. Mereka membaca untuk mempelajari sesuatu atau untuk mendapatkan informasi. Mereka mencari dan mengevaluasi detil spesifik dan inti dari berbagai macam jenis teks. Teks ini dapat berbentuk cetak atau digital, termasuk di antaranya teks visual, multimodal, atau interaktif. Pemahaman mereka terhadap ide pokok, isu-isu atau pengembangan plot dalam berbagai macam teks mulai berkembang. Mereka mengidentifikasi tujuan penulis dan mengembangkan keterampilannya untuk melakukan inferensi sederhana dalam memahami informasi tersirat dalam teks.

 

Materi*

Tujuan Pembelajaran

Modul Ajar**

JP

2

Peserta didik dapat membaca teks deskriptif tentang bangunan yang tidak biasa dan belajar menghargai karya kreatif orang lain.

2

1

2

Peserta didik dapat membaca teks deskriptif untuk untuk memahami arti kosakata tertentu dalam konteks.

2

1

2

Peserta didik dapat menggunakan kalimat pasif dalam simple present, simple past, dan present future untuk membuat identifikasi.

2

1

2

Peserta didik dapat menonton video pendek untuk memahami konteksnya.

2

1

TOTAL JAM PELAJARAN (JP)

4

 

Elemen:

Menulis – Mempresentasikan

Capaian Pembelajaran:

Pada akhir Fase E, peserta didik menulis berbagai jenis teks fiksi dan non-fiksi, melalui aktivitas yang dipandu, menunjukkan kesadaran peserta didik terhadap tujuan dan target pembaca. Mereka membuat perencanaan, menulis, mengulas dan menulis ulang berbagai jenis tipe teks dengan menunjukkan strategi koreksi diri, termasuk tanda baca dan huruf besar. Mereka menyampaikan ide menggunakan kosakata dan kata kerja umum dalam tulisannya. Mereka menyajikan informasi menggunakan berbagai mode presentasi untuk menyesuaikan dengan pembaca/pemirsa dan untuk mencapai tujuan yang berbeda-beda, dalam bentuk cetak dan digital.

 

Materi*

Tujuan Pembelajaran

Modul Ajar**

JP

2

Peserta didik dapat menulis teks deskriptif melalui kegiatan yang dipandu.

2

1

2

Peserta didik dapat berkolaborasi dalam proyek penelitian perpustakaan.

2

1

2

Peserta didik dapat mempresentasikan hasil survei menggunakan mode presentasi yang berbeda agar sesuai dengan audiens yang berbeda dan untuk mencapai tujuan yang berbeda dalam bentuk cetak dan digital.

2

1

TOTAL JAM PELAJARAN (JP)

3

 

* Angka menunjukkan bab

**Angka menunjukkan urutan file Modul Ajar (sesuai urutan bab)


 

UNIT 3 When a Disease was Declared as a Pandemic

Tujuan Pembelajaran

1.      Peserta didik dapat menemukan informasi spesifik dalam bahasa Inggris lisan dan menjawab pertanyaan.

2.      Peserta didik dapat menggunakan question-tag sebagai strategi untuk memulai dan mempertahankan percakapan dan diskusi.

3.      Peserta didik dapat memahami ekspresi bercerita.

4.      Peserta didik dapat membaca teks recount sejarah tentang sejarah pandemi di dunia dan belajar menerapkan kesadaran diri selama situasi pandemi.

5.      Peserta didik dapat mempelajari arti kosakata tertentu dalam konteks.

6.      Peserta didik dapat memahami penggunaan konjungsi temporal (temporal conjunction).

7.      Peserta didik dapat menonton video pendek untuk memahami konteksnya.

8.      Peserta didik dapat menulis teks recount sejarah melalui kegiatan yang dipandu.

9.      Peserta didik dapat berkolaborasi dalam proyek berbasis solusi masalah.

10.   Peserta didik dapat mempresentasikan hasil proyek menggunakan mode presentasi yang berbeda agar sesuai dengan audiens yang berbeda dan untuk mencapai tujuan yang berbeda dalam bentuk cetak dan digital.

Profil Pelajar Pancasila: Self-reliant

Alur Tujuan Pembelajaran

Elemen:

Menyimak – Berbicara

Capaian Pembelajaran:

Pada akhir Fase E, peserta didik menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan guru, teman sebaya, dan orang lain dalam berbagai macam situasi dan tujuan. Mereka menggunakan dan merespon pertanyaan dan menggunakan strategi untuk memulai dan mempertahankan percakapan dan diskusi. Mereka memahami dan mengidentifikasi ide utama dan detail relevan dari diskusi atau presentasi mengenai topik yang dekat dengan kehidupan pemuda. Mereka menggunakan bahasa Inggris untuk menyampaikan opini terhadap isu yang dekat dengan kehidupan pemuda dan untuk membahas minat. Mereka memberikan pendapat dan membuat perbandingan. Mereka menggunakan elemen non-verbal seperti bahasa tubuh, kecepatan bicara, dan nada suara untuk dapat dipahami dalam sebagian konteks.

 

Materi*

Tujuan Pembelajaran

Modul Ajar**

JP

3

Peserta didik dapat menemukan informasi spesifik dalam bahasa Inggris lisan dan menjawab pertanyaan.

3

1

3

Peserta didik dapat menggunakan question-tag sebagai strategi untuk memulai dan mempertahankan percakapan dan diskusi.

3

1

3

Peserta didik dapat memahami ekspresi bercerita.

3

1

TOTAL JAM PELAJARAN (JP)

3

 

Elemen:

Membaca – Memirsa

Capaian Pembelajaran:

Pada akhir Fase E, peserta didik membaca dan merespon berbagai macam teks seperti narasi, deskripsi, prosedur, eksposisi, recount, dan report. Mereka membaca untuk mempelajari sesuatu atau untuk mendapatkan informasi. Mereka mencari dan mengevaluasi detil spesifik dan inti dari berbagai macam jenis teks. Teks ini dapat berbentuk cetak atau digital, termasuk di antaranya teks visual, multimodal, atau interaktif. Pemahaman mereka terhadap ide pokok, isu-isu atau pengembangan plot dalam berbagai macam teks mulai berkembang. Mereka mengidentifikasi tujuan penulis dan mengembangkan keterampilannya untuk melakukan inferensi sederhana dalam memahami informasi tersirat dalam teks.

 

Materi*

Tujuan Pembelajaran

Modul Ajar**

JP

3

Peserta didik dapat membaca teks recount sejarah tentang sejarah pandemi di dunia dan belajar menerapkan kesadaran diri selama situasi pandemi.

3

1

3

Peserta didik dapat mempelajari arti kosakata tertentu dalam konteks.

3

1

3

Peserta didik dapat memahami penggunaan konjungsi temporal (temporal conjunction).

3

1

3

Peserta didik dapat menonton video pendek untuk memahami konteksnya.

3

1

TOTAL JAM PELAJARAN (JP)

4

 

Elemen:

Menulis – Mempresentasikan

Capaian Pembelajaran:

Pada akhir Fase E, peserta didik menulis berbagai jenis teks fiksi dan non-fiksi, melalui aktivitas yang dipandu, menunjukkan kesadaran peserta didik terhadap tujuan dan target pembaca. Mereka membuat perencanaan, menulis, mengulas dan menulis ulang berbagai jenis tipe teks dengan menunjukkan strategi koreksi diri, termasuk tanda baca dan huruf besar. Mereka menyampaikan ide menggunakan kosakata dan kata kerja umum dalam tulisannya. Mereka menyajikan informasi menggunakan berbagai mode presentasi untuk menyesuaikan dengan pembaca/pemirsa dan untuk mencapai tujuan yang berbeda-beda, dalam bentuk cetak dan digital.

 

Materi*

Tujuan Pembelajaran

Modul Ajar**

JP

3

Peserta didik dapat menulis teks recount sejarah melalui kegiatan yang dipandu.

3

1

3

Peserta didik dapat berkolaborasi dalam proyek berbasis solusi masalah.

3

1

3

Peserta didik dapat mempresentasikan hasil proyek menggunakan mode presentasi yang berbeda agar sesuai dengan audiens yang berbeda dan untuk mencapai tujuan yang berbeda dalam bentuk cetak dan digital.

3

1

TOTAL JAM PELAJARAN (JP)

3

 

* Angka menunjukkan bab

**Angka menunjukkan urutan file Modul Ajar (sesuai urutan bab)

 


 

UNIT 4 Good Habits during Pandemics

Tujuan Pembelajaran

1.      Peserta didik dapat menemukan informasi spesifik dalam bahasa Inggris lisan dan menjawab pertanyaan.

2.      Peserta didik dapat menggunakan ekspresi lain alih-alih mengulangi respons yang sama sebagai strategi untuk mengembangkan penggunaan kosa kata dalam percakapan dan diskusi.

3.      Peserta didik dapat memahami ekspresi urutan waktu (time order).

4.      Peserta didik dapat membaca teks prosedur tentang manual dan tips serta belajar menerapkan self-regulation secara mandiri selama situasi pandemi.

5.      Peserta didik dapat mempelajari arti kosakata pembentuk kata dalam konteks untuk memahami teks prosedur serta dapat memahami perbedaan manual dan tips.

6.      Peserta didik dapat memahami ekspresi sebab dan akibat.

7.      Peserta didik dapat menonton video pendek untuk memahami konteksnya.

8.      Peserta didik dapat menulis teks prosedur melalui kegiatan yang dipandu.

9.      Peserta didik dapat berkolaborasi dalam proyek berbasis solusi masalah.

10.   Peserta didik dapat mempresentasikan hasil proyek menggunakan mode presentasi yang berbeda agar sesuai dengan audiens yang berbeda dan untuk mencapai tujuan yang berbeda dalam bentuk cetak dan digital.

Profil Pelajar Pancasila: Self-reliant

Alur Tujuan Pembelajaran

Elemen:

Menyimak – Berbicara

Capaian Pembelajaran:

Pada akhir Fase E, peserta didik menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan guru, teman sebaya, dan orang lain dalam berbagai macam situasi dan tujuan. Mereka menggunakan dan merespon pertanyaan dan menggunakan strategi untuk memulai dan mempertahankan percakapan dan diskusi. Mereka memahami dan mengidentifikasi ide utama dan detail relevan dari diskusi atau presentasi mengenai topik yang dekat dengan kehidupan pemuda. Mereka menggunakan bahasa Inggris untuk menyampaikan opini terhadap isu yang dekat dengan kehidupan pemuda dan untuk membahas minat. Mereka memberikan pendapat dan membuat perbandingan. Mereka menggunakan elemen non-verbal seperti bahasa tubuh, kecepatan bicara, dan nada suara untuk dapat dipahami dalam sebagian konteks.

 

Materi*

Tujuan Pembelajaran

Modul Ajar**

JP

4

Peserta didik dapat menemukan informasi spesifik dalam bahasa Inggris lisan dan menjawab pertanyaan.

4

1

4

Peserta didik dapat menggunakan ekspresi lain alih-alih mengulangi respons yang sama sebagai strategi untuk mengembangkan penggunaan kosa kata dalam percakapan dan diskusi.

4

1

4

Peserta didik dapat memahami ekspresi urutan waktu (time order).

4

1

TOTAL JAM PELAJARAN (JP)

3

 

Elemen:

Membaca – Memirsa

Capaian Pembelajaran:

Pada akhir Fase E, peserta didik membaca dan merespon berbagai macam teks seperti narasi, deskripsi, prosedur, eksposisi, recount, dan report. Mereka membaca untuk mempelajari sesuatu atau untuk mendapatkan informasi. Mereka mencari dan mengevaluasi detil spesifik dan inti dari berbagai macam jenis teks. Teks ini dapat berbentuk cetak atau digital, termasuk di antaranya teks visual, multimodal, atau interaktif. Pemahaman mereka terhadap ide pokok, isu-isu atau pengembangan plot dalam berbagai macam teks mulai berkembang. Mereka mengidentifikasi tujuan penulis dan mengembangkan keterampilannya untuk melakukan inferensi sederhana dalam memahami informasi tersirat dalam teks.

 

Materi*

Tujuan Pembelajaran

Modul Ajar**

JP

4

Peserta didik dapat membaca teks prosedur tentang manual dan tips serta belajar menerapkan self-regulation secara mandiri selama situasi pandemi.

4

1

4

Peserta didik dapat mempelajari arti kosakata pembentuk kata dalam konteks untuk memahami teks prosedur serta dapat memahami perbedaan manual dan tips.

4

1

4

Peserta didik dapat memahami ekspresi sebab dan akibat.

4

1

4

Peserta didik dapat menonton video pendek untuk memahami konteksnya.

4

1

TOTAL JAM PELAJARAN (JP)

4

 

Elemen:

Menulis – Mempresentasikan

Capaian Pembelajaran:

Pada akhir Fase E, peserta didik menulis berbagai jenis teks fiksi dan non-fiksi, melalui aktivitas yang dipandu, menunjukkan kesadaran peserta didik terhadap tujuan dan target pembaca. Mereka membuat perencanaan, menulis, mengulas dan menulis ulang berbagai jenis tipe teks dengan menunjukkan strategi koreksi diri, termasuk tanda baca dan huruf besar. Mereka menyampaikan ide menggunakan kosakata dan kata kerja umum dalam tulisannya. Mereka menyajikan informasi menggunakan berbagai mode presentasi untuk menyesuaikan dengan pembaca/pemirsa dan untuk mencapai tujuan yang berbeda-beda, dalam bentuk cetak dan digital.

 

Materi*

Tujuan Pembelajaran

Modul Ajar**

JP

4

Peserta didik dapat menulis teks prosedur melalui kegiatan yang dipandu.

4

1

4

Peserta didik dapat berkolaborasi dalam proyek berbasis solusi masalah.

4

1

4

Peserta didik dapat mempresentasikan hasil proyek menggunakan mode presentasi yang berbeda agar sesuai dengan audiens yang berbeda dan untuk mencapai tujuan yang berbeda dalam bentuk cetak dan digital.

4

1

TOTAL JAM PELAJARAN (JP)

3

 

* Angka menunjukkan bab

**Angka menunjukkan urutan file Modul Ajar (sesuai urutan bab)

 


 

UNIT 5 Smart Teenagers in a Smart Community

Tujuan Pembelajaran

1.      Peserta didik dapat memahami konteks bahasa Inggris lisan dan menggunakan bahasa Inggris untuk menjawab pertanyaan.

2.      Peserta didik dapat menggunakan ice-breaker untuk memulai dan mempertahankan percakapan dan diskusi.

3.      Peserta didik dapat menganalisis struktur dasar teks report.

4.      Peserta didik dapat memahami arti kosakata tertentu dalam konteks serta memahami penggunaan istilah umum, penggunaan bahasa teknis, penggunaan present tense, dan penggunaan past tense.

5.      Peserta didik dapat memahami penggunaan topik dan kalimat pendukung.

6.      Peserta didik dapat menulis teks report melalui kegiatan yang dipandu.

7.      Peserta didik dapat berkolaborasi dalam proyek teknologi ramah lingkungan untuk mengurangi sampah plastik.

8.      Peserta didik dapat menyajikan laporan proyek menggunakan mode presentasi yang berbeda agar sesuai dengan audiens yang berbeda dan untuk mencapai tujuan yang berbeda dalam bentuk cetak dan digital.

Profil Pelajar Pancasila: Creative

Alur Tujuan Pembelajaran

Elemen:

Menyimak – Berbicara

Capaian Pembelajaran:

Pada akhir Fase E, peserta didik menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan guru, teman sebaya, dan orang lain dalam berbagai macam situasi dan tujuan. Mereka menggunakan dan merespon pertanyaan dan menggunakan strategi untuk memulai dan mempertahankan percakapan dan diskusi. Mereka memahami dan mengidentifikasi ide utama dan detail relevan dari diskusi atau presentasi mengenai topik yang dekat dengan kehidupan pemuda. Mereka menggunakan bahasa Inggris untuk menyampaikan opini terhadap isu yang dekat dengan kehidupan pemuda dan untuk membahas minat. Mereka memberikan pendapat dan membuat perbandingan. Mereka menggunakan elemen non-verbal seperti bahasa tubuh, kecepatan bicara, dan nada suara untuk dapat dipahami dalam sebagian konteks.

 

Materi*

Tujuan Pembelajaran

Modul Ajar**

JP

5

Peserta didik dapat memahami konteks bahasa Inggris lisan dan menggunakan bahasa Inggris untuk menjawab pertanyaan.

5

1

5

Peserta didik dapat menggunakan ice-breaker untuk memulai dan mempertahankan percakapan dan diskusi.

5

1

TOTAL JAM PELAJARAN (JP)

2

 

Elemen:

Membaca – Memirsa

Capaian Pembelajaran:

Pada akhir Fase E, peserta didik membaca dan merespon berbagai macam teks seperti narasi, deskripsi, prosedur, eksposisi, recount, dan report. Mereka membaca untuk mempelajari sesuatu atau untuk mendapatkan informasi. Mereka mencari dan mengevaluasi detil spesifik dan inti dari berbagai macam jenis teks. Teks ini dapat berbentuk cetak atau digital, termasuk di antaranya teks visual, multimodal, atau interaktif. Pemahaman mereka terhadap ide pokok, isu-isu atau pengembangan plot dalam berbagai macam teks mulai berkembang. Mereka mengidentifikasi tujuan penulis dan mengembangkan keterampilannya untuk melakukan inferensi sederhana dalam memahami informasi tersirat dalam teks.

 

Materi*

Tujuan Pembelajaran

Modul Ajar**

JP

5

Peserta didik dapat menganalisis struktur dasar teks report.

5

1

5

Peserta didik dapat memahami arti kosakata tertentu dalam konteks serta memahami penggunaan istilah umum, penggunaan bahasa teknis, penggunaan present tense, dan penggunaan past tense.

5

1

5

Peserta didik dapat memahami penggunaan topik dan kalimat pendukung.

5

1

TOTAL JAM PELAJARAN (JP)

3

 

Elemen:

Menulis – Mempresentasikan

Capaian Pembelajaran:

Pada akhir Fase E, peserta didik menulis berbagai jenis teks fiksi dan non-fiksi, melalui aktivitas yang dipandu, menunjukkan kesadaran peserta didik terhadap tujuan dan target pembaca. Mereka membuat perencanaan, menulis, mengulas dan menulis ulang berbagai jenis tipe teks dengan menunjukkan strategi koreksi diri, termasuk tanda baca dan huruf besar. Mereka menyampaikan ide menggunakan kosakata dan kata kerja umum dalam tulisannya. Mereka menyajikan informasi menggunakan berbagai mode presentasi untuk menyesuaikan dengan pembaca/pemirsa dan untuk mencapai tujuan yang berbeda-beda, dalam bentuk cetak dan digital.

 

Materi*

Tujuan Pembelajaran

Modul Ajar**

JP

5

Peserta didik dapat menulis teks report melalui kegiatan yang dipandu.

5

1

5

Peserta didik dapat berkolaborasi dalam proyek teknologi ramah lingkungan untuk mengurangi sampah plastik.

5

1

5

Peserta didik dapat menyajikan laporan proyek menggunakan mode presentasi yang berbeda agar sesuai dengan audiens yang berbeda dan untuk mencapai tujuan yang berbeda dalam bentuk cetak dan digital.

5

1

TOTAL JAM PELAJARAN (JP)

3

 

* Angka menunjukkan bab

**Angka menunjukkan urutan file Modul Ajar (sesuai urutan bab)

 

 


 

UNIT 6 Help the Planet We Call Home

Tujuan Pembelajaran

1.      Peserta didik dapat memahami konteks bahasa Inggris lisan dan menggunakan bahasa Inggris untuk menjawab pertanyaan.

2.      Peserta didik dapat menggunakan strategi 'contoh' untuk memulai dan mempertahankan percakapan dan diskusi.

3.      Peserta didik dapat menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan guru, teman, atau orang lain dengan mengungkapkan bukti atas pernyataaannya.

4.      Peserta didik dapat memahami struktur dasar teks eksposisi analitis.

5.      Peserta didik dapat memahami makna kosakata tertentu dalam konteks, penggunaan klausa if, dan penggunaan kata-kata emotif.

6.      Peserta didik dapat menulis teks eksposisi analitis melalui kegiatan yang dipandu.

7.      Peserta didik dapat berkolaborasi dalam sebuah proyek.

8.      Peserta didik dapat menyajikan laporan proyek menggunakan mode presentasi yang berbeda agar sesuai dengan audiens yang berbeda dan untuk mencapai tujuan yang berbeda dalam bentuk cetak dan digital.

Profil Pelajar Pancasila: Creative

Alur Tujuan Pembelajaran

Elemen:

Menyimak – Berbicara

Capaian Pembelajaran:

Pada akhir Fase E, peserta didik menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan guru, teman sebaya, dan orang lain dalam berbagai macam situasi dan tujuan. Mereka menggunakan dan merespon pertanyaan dan menggunakan strategi untuk memulai dan mempertahankan percakapan dan diskusi. Mereka memahami dan mengidentifikasi ide utama dan detail relevan dari diskusi atau presentasi mengenai topik yang dekat dengan kehidupan pemuda. Mereka menggunakan bahasa Inggris untuk menyampaikan opini terhadap isu yang dekat dengan kehidupan pemuda dan untuk membahas minat. Mereka memberikan pendapat dan membuat perbandingan. Mereka menggunakan elemen non-verbal seperti bahasa tubuh, kecepatan bicara, dan nada suara untuk dapat dipahami dalam sebagian konteks.

 

Materi*

Tujuan Pembelajaran

Modul Ajar**

JP

6

Peserta didik dapat memahami konteks bahasa Inggris lisan dan menggunakan bahasa Inggris untuk menjawab pertanyaan.

6

1

6

Peserta didik dapat menggunakan strategi 'contoh' untuk memulai dan mempertahankan percakapan dan diskusi.

6

1

6

Peserta didik dapat menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi dengan guru, teman, atau orang lain dengan mengungkapkan bukti atas pernyataaannya

6

1

TOTAL JAM PELAJARAN (JP)

3

 

Elemen:

Membaca – Memirsa

Capaian Pembelajaran:

Pada akhir Fase E, peserta didik membaca dan merespon berbagai macam teks seperti narasi, deskripsi, prosedur, eksposisi, recount, dan report. Mereka membaca untuk mempelajari sesuatu atau untuk mendapatkan informasi. Mereka mencari dan mengevaluasi detil spesifik dan inti dari berbagai macam jenis teks. Teks ini dapat berbentuk cetak atau digital, termasuk di antaranya teks visual, multimodal, atau interaktif. Pemahaman mereka terhadap ide pokok, isu-isu atau pengembangan plot dalam berbagai macam teks mulai berkembang. Mereka mengidentifikasi tujuan penulis dan mengembangkan keterampilannya untuk melakukan inferensi sederhana dalam memahami informasi tersirat dalam teks.

 

Materi*

Tujuan Pembelajaran

Modul Ajar**

JP

6

Peserta didik dapat memahami struktur dasar teks eksposisi analitis.

6

1

6

Peserta didik dapat memahami makna kosakata tertentu dalam konteks, penggunaan klausa if, dan penggunaan kata-kata emotif.

6

1

TOTAL JAM PELAJARAN (JP)

2

 

Elemen:

Menulis – Mempresentasikan

Capaian Pembelajaran:

Pada akhir Fase E, peserta didik menulis berbagai jenis teks fiksi dan non-fiksi, melalui aktivitas yang dipandu, menunjukkan kesadaran peserta didik terhadap tujuan dan target pembaca. Mereka membuat perencanaan, menulis, mengulas dan menulis ulang berbagai jenis tipe teks dengan menunjukkan strategi koreksi diri, termasuk tanda baca dan huruf besar. Mereka menyampaikan ide menggunakan kosakata dan kata kerja umum dalam tulisannya. Mereka menyajikan informasi menggunakan berbagai mode presentasi untuk menyesuaikan dengan pembaca/pemirsa dan untuk mencapai tujuan yang berbeda-beda, dalam bentuk cetak dan digital.

 

Materi*

Tujuan Pembelajaran

Modul Ajar**

JP

6

Peserta didik dapat menulis teks eksposisi analitis melalui kegiatan yang dipandu.

6

1

6

Peserta didik dapat berkolaborasi dalam sebuah proyek.

6

1

6

Peserta didik dapat menyajikan laporan proyek menggunakan mode presentasi yang berbeda agar sesuai dengan audiens yang berbeda dan untuk mencapai tujuan yang berbeda dalam bentuk cetak dan digital.

6

1

TOTAL JAM PELAJARAN (JP)

3

 

* Angka menunjukkan bab

**Angka menunjukkan urutan file Modul Ajar (sesuai urutan bab)

File Perangkat KBM kelas 10 Fase E 

Silahkan di    Preview                      Download


Baca juga PPT dan Kunci Jawaban dari buku teks tersebut Tools Buku Pathway Fase E kelas 10

Selamat menikmati perangkat KBM tersebut untuk di adopsi, tiru dan modifikasi file diatas, jangan lupa dikomentari dibawah ini rekan-rekan apabila masih ada kekurangan nya yang harus diperbaiki dan disempurnakan

Posting Komentar

Thanks ...

Lebih baru Lebih lama

POST ADS1

POST ADS 2