SOAL TPA

 


Jen is - Jen is Tes Potensi Akademik

 

1)  Penalaran  Verbal

 

Tes ini dipergunakan untuk mengetahui kemampuan seseorangdalam bidang bahasa.Bahasamerupakan hal terpenting  yang perlu dikuasai setiap orang. Di dalamnya diujikan beragam uji bahasa dan seringkali soal UTULUGM untuk TPA adalah sinonim (persamaan kata), Antonim (lawan kata) atau jenis tes padanan hubungan kata. Dalam setiap tahunnya soalTPA sangat bervariasi. Berikut adalah contoh soal dan jawaban

tes PenalaranVerbal.


SINONIM (Persamaan kata)

1.     GERTAK

A.   keras

B.     tekan

c.   desak

D.    paksa E.    ancam Jawaban: D

gertak:  suara keras (entakan  kaki, ancaman, dan sebagainya) untuk menakut- nakuti.

 

2.   ANASIR A.        zat

B.      motif

c.    aspek

D.     bagian

E.      komponen

Jawaban: D

anasir: zat pokok yang merupakan bagian dari segala benda

 

3.   SINDIKAT

A.   penjahat B.    kelompok C.    penguasa D.    organisasi

E.     perusahaan

Jawaban: B

sindikat: kelompok suatu lembaga

 

4.    LU MAT

A.   tel an

B.     halus

c.   ha bis

D.    makan E. kunyah Jawaban: B

lumat: halus benar


5.    INFILTRASI

A.   pengaruh

B.     peleburan

c.   penyemaian

D.    perembesan

E.      penggabungan

Jawaban: D

infiltrasi:  penyusupan;  perembasan;  campur tangan

 

ANTONIM (lawan kata)

 

1.     FUSI

A.   penurunan

B.     pemumian c.  perubahan D.    pemisahan

E.      pencampuran

Jawaban: D

fusi: bergabung:  meleburkan diri sehingga memiliki lawan kata pemisahan

 

2.   ORISINIL A.            palsu B. tiruan

c.   plagiat

D.    imitasi E.    jiplakan Jawaban: D

orlslnal/orl-sl-nal/a asli; tulen  sehingga lawan kata adalah imitasi

 

3.  PROGRESIF A. primitif B.       radikal

c.   fanatik

D.    reform

E.      konservatif


 


Jawaban:  A                                                                    2.   Diketahui  pasangan pertama  dan salah satu progresif  artinya  (1)  ke  a rah  kemajuan;  (2)            kata dari pasangan kedua:

berhaluan ke arah dan lawan kata primitif                     Contoh:

RUMPUT:LAPANGAN= bintang: ....

4.   PEMICU                                                                         A. nebula


A.   peletup

B.   pencetus

c.   penutup

D.  penyulut E. peredam Jawaban: E

pemicu: orang yang memicu sehingga memi•

liki lawan kata peredam

 

 

5.    SEKULER A.           filtrasi B.            anarki

C.     agamis

D.     moralis E. diskresi Jawaban: E

sekuler :  bersifat duniawi atau kebendaan se•

hingga memiliki lawan kata agamis

 

 

PADANAN  HUBUNGAN

Langkah untuk  menemukan  hubungan  tersebut adalah dengan mencoba kata yang cocok diguna• kan pada kedua pasangan kata pada soal maupun pada jawaban.

Kombinasi bentuk soal analogi ada tiga jenis:

1.    Diketahui pasangan  pertama, ditanyakan pasangan kedua:

 

Contoh:

FIKTIF : FAKTA = ....  : .... A. dagelan: sandiwara B. dongeng :  peristiwa C. dugaan : rekam

D. data: estimasi

E. rencana :  projeksi

 

Pembahasan:

Padanan yang digunakan adalah "sifat" "Fiktif adalah fakta yang tidak benar- benar terjadi, dongeng  adalah peristiwa yang tidak  benar•

benar terjadi".


B. langit

C. angkasa

D. malam

E. antariksa

 

Pembahasan:

Padananyang digunakan adalah "asosiasi" "Rumput bisa ditemukan di lapangan, bintang bisa ditemukan di langit"

 

 

3.   Diketahui  hanya salah satu kata pada kedua pasangan kata:

 

Contoh 1:

MUSYAWARAH  berhubungan     dengan sebagaimana .... berhubungan dengan LULUS. A. rapat-tamat

B. berembuk - kuliah

C. diskusi - tugas

D. mufakat - ujian

E. debat - kompetisi

 

Pembahasan:

Padananyang digunakan adalah "funqsi" "Musyawarah diadakan untuk mencapai mufakat, ujian diadakan untuk mencapai kelulusan"

 

Contoh 2:

.... berhubungan dengan SIANG

sebagaimana TITIKberhubungan dengan

 

 

A. pagi - huruf kapital

B. sore - bacaan

C. panas - koma

D. matahari - berhenti

E. malam - koma

 

Pembahasan:

Padanan  yang  digunakan   adalah  "urutan" "Siang  terjadi   setelah   pagi,   huruf   kapital

mengawali kalimat setelah tanda tltlk"


Contoh  3:

GURU : SEKOLAH = ....  : ....

A. penebang pohon:  pabrik

B. musisi: piano

C. pengacara: panggung

D. penyanyi: suara

E. petani: ladang

 

Pembahasan:

"Guru  bekerja di  sekolah, petani  bekerja  di

ladanq"

 

Contoh 4:

SAMUDRA: LAUT= ....  : .... A. benua: pulau

B. internasional: batas negara

C. kapal: nelayan D. negara: pantai E. luas: dalam

 

Pembahasan:

"Laut yang besar adalah samudra, pulau yang besar adalah benua".

 

Contoh 5:

KUDALAUT: KUDA= ....  : .... A. kucing: harimau

B. banteng:  sapi

C. biawak: komodo

D. cacing: belut

E. merpati : elang

 

Pembahasan:

"Kuda laut bukan sejenis kuda, cacing bukan sejenis belut"

 

Contoh 6: BURUNG:UDARA= ....  : .... A. ibu: halaman

B. unta :  kebun binatang

C. makanan :  meja

D. ikan: air

E. penyair: pujangga


Pembahasan:

"Burung hidupnya terbang di udara, ikan hidupnya berenang di air':

 

Contoh 7:

MONTIR: OBENG = ....  : .... A. polisi: peluru

B. pengarang: majalah

C. tukang:  gergaji

D. sosiolog: kendaraan

E. mobil:  bensin

 

Pembahasan:

"Obeng adalah a lat yang digunakan oleh mon• tir, gergaji adalah alat yang digunakan oleh tu• kanq"

 

Contoh 8: SENAPAN:BERBURU = ....  : .... A. kapal: berlabuh

B. kereta: langsir

C. pancing: ikan

D. perangkap: menangkap

E. parang: mengasah

 

Pembahasan:

"Senapan digunakan  untuk  berburu,  perang•

kap digunakan untuk menanqkap"

 

Contoh 9:

KULIT: SISIK = .... : .... A. tegel:  lantai

B. rumah: kamar

C. keramik: mozaik

D. dinding: cat

E. atap : genteng

 

Pembahasan:

"Sisik-sisikmenyusun kulit, genteng menyusun

atap"


 

 

 

 

 

 

 

 


2)  Penalaran  Deduktif

Pada penalaran deduktif, peserta dituntut  kemampuan untuk menarik sebuah kesimpulan (konklusi) dari fakta-fakta yang telah disediakan pada soal. Fakta-faktatersebut berupa premis, pernyataan atau proposisi.

 

KONKLUSI (Penarikan Kesimpulan)

Pada tes konklusi atau penarikan kesimpulan yang perlu ditekankan adalah tes ini bukan menguji kemam• puan berbahasa Indonesia. Akan tetapi lebih dari itu, tes konklusi atau penarikan kesimpulan ini menguji kemampuan kamu dalam mengolah fakta yang tersedia pada soal untuk kemudian menarik kesimpulan

yang tepat.


Contoh:


7.    Jika hari Minggu maka saya joging.


1.

 

 

 

2.

Jika hujan turun maka Adi memakai payung. Adi memakai payung.

Maka kesimpulannya adalah hujan turun.

Jika saya lulus tes UM UGM maka saya akan

Jika lulus ujian maka saya senang.

Saya tidakjoging atau saya tidak senang.

Maka kesimpulannya adalah bukan hari Minggu atau saya tidak lulus ujian.

 

diberi hadiah.

 

 

Saya tidak diberi hadiah.

Contoh soal:

 

Maka kesimpulannya adalah saya tidak lulus tes UM UGM.

1.     Semua pengemudi mengenakan sabuk penga•

man.

3.

Jika saya belajar giat maka saya akan lulus tepat

Sebagian    pengemudi     memakai     sarung

 

waktu.

tangan.

 

Jika saya lulus tepatwaktu maka saya akan cepat

Kesimpulan yang tepat adalah ....

 

kerja.

Maka kesimpulannya adalah jika saya belajar

A.   semua pengemudi memakai sarungtangan dan tidak mengenakan sabuk pengaman

 

 

4.

giat maka saya akan cepat kerja. Semua tumbuhan  memerlukan air.

B.    semua pengemudi memakai sarungtangan dan mengenakan sabuk pengaman

 

Mawar adalah tumbuhan.

C.    sebagian pengemudi  mengenakan sabuk

 

Maka kesimpulannyaadalahmawar memerlukan

pengaman   dan  tidak   memakai  sarung

 

air.

tangan

5.

Tidak ada pemain Juventus yang berasal dari

Indonesia.

D.    sebagian pengemudi  tidak  mengenakan sabuk  pengaman  dan  memakai  sarung

 

Semua pemaian timnas berasal dari Indonesia. Maka kesimpulannya adalah tidak ada permain

tangan

E.     sebagian   pengemudi    tidak    mengena•

 

timnas yang bermain di Juventus.

kan sabuk pengaman dan tidak memakai

6.

Semua koruptor adalah penjahat.

sarung tangan

 

Semua koruptor harus ditangkap oleh KPK.

Keterangan:

 

Maka kesimpulannya  adalah beberapa yang ditangkap KPK adalah penjahat.

Jawaban yang paling tepat adalah (C).

 

 

 3) Kemampuan   Kuantitatif Numerik a.    Deret  Angka

Tes deret  angka  digunakan   untuk  mengetahui    pola  dari  suatu  angka.  Berikut  ini adalah  contoh   soal

deret  angka.

 


1)     1         1         1        2        1    ....

A.          1

B.      2

c.      4

D.         8

E.           12

Jawaban: D

Pada deret jelas mempunyai   pola :

 

(1)1(1)2(1)4(1) .....

~~~

x2    x2        x2

Maka jelas jawab:   8

 

 

2)    %  %  1,5  3  4,5    18  ....

A.  9

B.   18

c.   36

D.  72

E.   90

Jawaban: B

Pada deret jelas mempunyai   pola:


 

D.  34

E.      64

Jawaban: B

Pada deretjelas   mempunyai   pola:

176    88    80    40    32         .

......_,.    .........._,.    .........._,.    .........._,.    ....l......v---'

:2     -8      :2     -8      :2

 

Maka jelas jawab  :  16

 

 

4)   1       3   10   15 ....

A.     18

B.     20

c.      21

D.    23

E.      24

Jawaban:C

Pada deret jelas mempunyai   pola:

1          3    6    10    15    ....

 ............... ~~~

+2  +3   +4    +5   x6

Maka jelas jawab  : 21


...-d ,-..-..I_J:


~~ :sf


5          5

 

=!4     ~       1  1

 

Maka jelas jawab  :  18


5)    1       3    11     18  ....

A.  24

B.   26

 

 

176   88

 

 

80

 

 

40

 

 

32 ....

D.  31

E.     32

 

A.  8

 

 

 

Jawaban: C

B.   16

 

 

 

Pada deret jelas mempunyai

pola  barisan

c.    30

 

 

 

Fibonacci.

 

 

 

 

 

Maka jelas jawab  :  29

 

 

 

c.   29


 

3)

 

 

 

 

 

 

 


b.   Penalaran numerik

 

1)     Jika P  bilangan   yang  menyatakan   0,475%  dari

6,20; dan  Q bilangan   yang  menyatakan   6,20%

dari 0,475, maka ...


 

Jawaban: E

Diketahui:

P = 0,475 %  6,20


A. P<Q B. P>Q C.   P~Q


D.   P=  0, 5 Q

E.   P=Q


Q = 6,20 %  0,475

Maka P =Q

2)    Data:

Tanggal  hari ini :  19 - 07 - 2009

Tanggal  lahir:  27 -  10 -  1969

Berdasarkan  data  di  atas, usia orang  tersebut adalah  ...

A.   40 tahun,  8 bulan,  12 hari

B.      40 tahun,  8 bulan,  11   hari C.    40 tahun, 7 bulan, 21  hari D.    39 tahun, 7 bulan, 21  hari E.     39 tahun, 8 bu Ian, 22 hari

 

Usia = hari ini - hari lahir

= 2009 - 07 - 19

= 1969 - 10 - 27

 

Jika  bulan = 30 hari

 tahun = 12 bulan

(2009 - 1) - (07 + 12 - 1) - (19 + 30)


Jadi, 68 detik, 66 menit, 5 jam

= 8 detik 7 menit 6 jam

= 6 jam 7 menit 8 detik

 

 

Gunakan teks A untuk menjawabsoal nomor4 sampai dengan nomor6!

 

TeksA

Seorang karyawan mengatur 6 ruang kerja un• tuk 6 staf dengan urutan nomor ruang 1    sam• pai 6 dengan aturan sebagai berikut.

1)   Bu Rati sering bercakap-cakap yang su• aranya terdengar  keras di  ruang  sebe• lahnya.

2)   Pak Mara dan pak Bono ingin berdekatan agar dapat berkoordinasi.

3)   Bu Heni meminta  ruang  nomor  5  yang


2008

1969


18       -    49

10                27


berjendela lebar.

4)   Pak Dedi  tidak  suka  pekerjaannya ter•


  39                       8                  22

 

 

Jadi, usianya adalah 39 tahun 8 bulan 22 hari.

 

 

3)   Data:

3 jam, 35 menit, 51 detik

2 jam, 31  menit, 17 detik

Jumlah waktu pada data di atas adalah ... A. 5 jam, 17 menit, 18 detik

B.     5 jam, 17 menit, 28 detik

C.   6 jam, 7 menit, 8 detik D.    6 jam, 17 menit, 8 detik E.       6 jam, 7 menit, 18 detik

 

 

3 jam, 35 menit, 51 detik

2 jam, 31  menit, 17 detik

Hasil:

51  detik       35 menit      3 jam

 

17 detik

31  men it

2 jam

 

68 detik

66 menit

5 jam

+

 

Maka:          60 detik =  men it

60 menit =  jam

68 detik = 1    menit 8 detik

66 menit + 1    menit  = 67 menit

=  jam 7 menit


ganggu oleh suara-suara.

5)    Pak Tasman, Pak Mara, dan  Pak Dedi adalah perokok.

6)   Bu Heni alergi dengan asap rokok.

 

 

4)   Tiga karyawan perokok seharusnya ditempat•

kan di ruang nomor .... A.   1, 2, dan 4

B.    2, 3, dan 6

C.     1, 2, dan 3

D.    2,3,dan4

E.     1, 2, dan 6

Jawaban: C

Pak Tasman, Pak Dedi, dan Pak Mara adalah perokok. Oleh karena itu, ia  harus dijauhkan dengan  Bu Heni yang  alergi  rokok. Dengan demikian, ia harus ditempatkanpada  ruang 1,

2 dan 3.

 

 

 

Posting Komentar

Thanks ...

Lebih baru Lebih lama

POST ADS1

POST ADS 2